Cara Memilih Jenis Pakan Ternak Yang Baik

Menjalankan usaha ternak memang bukan perkara mdah. Tidak semua orang bisa dan mampu melakukannya, karena beternak tidak berhubungan dengan benda mati, melainkan dengan makhluk hidup. Seorang peternak harus membekali dirinya dengan pengetahuan, pengalaman, dan ketekunan sehingga bisa mengelola peternakan dengan baik.

Cara Memilih Jenis Pakan Ternak Yang Baik

Tak peduli peternak berpengalaman maupun pemula, keduanya tidak boleh mengabaikan pentingnya pengetahuan tentang pakan ternak. Pakan ternak memang kunci penting menentukan pertumbuhan dan perkembangan hewan ternak. Pakan ternak tang baik harus mengandung nutrisi lengkap yang terdiri dari protein, karbohidrat, lemak, air, vitamin, dan mineral.

Jenis-Jenis Pakan Ternak

1.Pakan Kasar

Pakan jenis ini memiliki volume besar, tetapi berat jenisnya rendah. Pakan kasar yang berasal dari bahan hijauan memiliki kandungan serat kasar kurang lebih 18%. Namun, kandungan energinya rendah. Contoh pakan kasar seperti rumput, daun leguminous, dan jerami.

2.Pakan Penguat (konsentrat)

Pakan ini memiliki kandungan serat yang rendah yaitu dibawah 18%. Jenis pakan ini memiliki kandungan nutrisi tertentu yang tinggi. Disebut penguat karena bisa diberikan beramaan dengan bahan lainnya untuk meningkatkan kandungan gizi pakan ternak.

Jenis pakan ini dibagi menjadi dua yaitu konsentrat sumber protein yang memiliki kadar protein diatas 20% seperti daun pisang, daun nangka, daun ubi jalar, lamtoro, ganggang dan bungkil, turi kaliandra, sentro, dan gamal. Konsentrat sumber energy yang kadar proteinnya kurang dari 20% seperti tanaman umbi-umbian, rumput serat kasar, dan biji-bijian.

3.Pakan Tambahan

Pakan ini hanya diberikan kepada hewan ternak sebagai tambahan, bukanlah konsumsi utama hewan ternak. Meskipun relative tidak bernutrisi atau kandungan nutrisinya sangat rendah, pakan tambahan diperlukan untuk membantu menjaga kesehatan, mencegah penyakit, atau menyembuhkan hewan ternak.

4.Pakan Fermentasi

Jenis pakan yang dibuat melalui prses amoniasi atau proses peragian. Pakan ini dibutuhkan untuk mengawetkan kandungan gizi pada pakanan hijau atau bahan pakan lainnya sehingga pakan bisa disimpan dalam waktu lama tanpa merusak kandungan nutrisinya. Mempertahankan kandungan gizi ternak sangat penting agar ternak mendapat kebutuhan nutrisi yang tercukupi.

5.Vitamin

Tidak hanya manusia, ternak juga mebutuhkan beragam vitamin. Vitamin sangat penting agar pertumbuhan hewan ternak bisa berjalan optimal. Vitamin yang dibutuhkan ternak ada dua kelompok yaitu vitamin yang larut dalam lemak ( vitamin A, D, E, dan K) dan vitamin yang larut dalam air ( Vitamin B komplek, B6, B12, C, biotin, kholin, inondol, dan niacin)

6.Mineral

Beberapa jenis mineral yang dibutuhkan di antaranya kalsium, kalium, zat besi, fosfat, natrium, magnesium, dan beberapa mineral lainnya. Namun kebanyakan makanan ternak sudah mengandung semineral yang dibutuhkan

Pakan Ternak Terbaik

Tangguh Probiotik Pakan Ternak Terbaik

Tangguh Probiotik adalah salah satu pakan ternak yang diproduksi oleh PT NATURAL NUSANTARA (NASA) yang terbuat dari bahan alami murni sehingga aman, sehat, dan dapat meningkatkan gizi, cita rasa, dan dapat menekan tingkat kerusakan ternak.

Produk ini diformulasikan khusus menyempurnakan proses fermentasi di dalam pencernaan ternak dan ikan sehingga pertumbuhan lebih cepat. Tangguh probiotik juga berfungsi meningkatkan kesuburan perairan sekaligus kesehatan ikan dan udang.

Pastikan Anda membeli produk yang ASLI!! Kami adalah salah satu distributor resmi NASA yang menjual semua jenis produk NASA 100% ASLI!! Untuk konsultasi dan pemesanan hubungi customer service Kami sekarang juga!!