Inilah Rahasia Agar Pakan Ternakmu Awet !!!

Pakan ternakApakah Anda ingin menghemat pakan ternak? Anda ingin menghemat biaya pengeluaran untuk pakan ternak? Kali ini saya akan memberikan tips untuk Anda yang ingin menghemat pakan ternak melalui fermentasi. Jadi fermentasi pakan yaitu suatu proses amoniasi atau peragian pada pakan ternak agar kandung nutrisi pada makanan hijau tetap terjaga dalam kurun waktu yang panjang.

Pakan pada dunia peternakan memang memiliki peran penting agar dapat membantu hewan ternak bisa bertambah secara kualitas dan kuantitas dengan hasil yang memuaskan. Apalagi jika masuk ke musim kemarau mungkin fase yang cukup menyulitkan bagi peternak, kenapa? Karena pada musim itu pasokan makanan hijau akan berkurang, sehingga membuat peternakan dapat kekurangan makanan hijau yang segar. Itu semua akan berdampak pada kualitas dan kuantitas dari pertenakan dan perikanan itu sendiri. Maka dari itu kegiatan fermentasi pakan ternak ini sangat membantu Anda dalam menghemat biaya serta menjaga nutrisi peternakan Anda tetap terpenuhi.

Perlu Anda ketahui bahwa pakan ternak fermentasi ini bisa juga diberikan pada hewan perikanan. Tujuan utama dari fermentasi pakan ini agar saat menyimpan pasokan pakan dalam jumlah yang banyak dengan kurun waktu yang panjang, namun tidak akan mengurangi kandungan nutrisi yang ada. Apalagi jika menghadapi musim kemarau yang panjang. Dan ternyata pakan fermentasi ini terbukti mempunyai manfaat bagi hewan ternak dan ikan.

Fungsi Fermentasi Pakan Ternak ini diantaranya :

  • Bisa menambah nafsu makan ternak dan tombak
  • Membantu mempercepat pertumbuhan hewan ternak dan tombak
  • Kotoran pada hewan ternak ini bisa dijadikan bahan pupuk yang berkualitas
  • Bisa membuat daya tahan tubuh dan kekebalan hewan ternak meningkat
  • Membantu memperbaiki sistem pencernaan hewan ternak

Inilah Pakan Ternak Yang Bisa Digunakan

Dan Ini Beberapa Bahan Pakan Ternak Yang Memiliki Kandungan Nutrisi Tinggi

  1. Rumput Gajah

Rumput gajah ini biasanya bergantung dengan musim hujan. Maka dari itu saat musim hujan kumpulkan rumput gajah ini sebanyak mungkin untuk persediaan. Setelah itu dikeringkan terlebih dahulu hingga kandungan air 60%. Sebelum di fermentasi, karena untuk mencegah agar warna hijau tidak cepat rusak

  1. Jerami Padi

Jerami padi akan melimpah ruah saat musim panen tiba di setiap daerah. Namun banyak yang belum tahu cara memanfaatkannya. Sayang sekali jika jerami padi ini terbuang sia-sia, maka dari itu kami memberikan Anda informasi untuk memanfaatkan jerami padi untuk di fermentasi sebagai bahan pakan ternak

  1. Dedek Padi

Dedek padi terbagi menjadi 2 ada dedek padi yang halus atau biasa disebut bekatul, dan dedek kasar. Untuk di fermentasi, dedek kasar lah yang cocok.

  1. Ampas Tahu

Beruntungnya Anda yang dekat dengan pabrik tahu, karena  Anda dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk bahan pakan ternak Anda.

  1. Kulit Kopi

Tahukah Anda bahwa kulit kopi ternyata bisa untuk menjadi bahan pakan ternak loh. Bagi Anda yang dekat dengan pengolah kopi, Anda bisa manfaatkan limbahan nya untuk di fermentasikan sebagai bahan pakan ternak Anda. Namun ada batasan penggunaan kulit kopi ini dikarenakan serat kasar yang membuat ternak sulit mencerna.

Namun ada satu hal yang penting untuk memaksimalkan hasil fermentasi Anda, yaitu gunakan Probiotik ini untuk menyempurnakan proses fermentasi pakan ternak Anda

tangguh probiotik nasa

Inilah informasi seputar manfaat pakan ternak dan bahan pakan ternak bernutrisi tinggi yang kali ini kami sampaikan untuk Anda.

Semoga Bermanfaat dan Selamat Mencoba

Distributor Crystal X Pemalang © 2016 | Sitemap
Chat Via WhatsApp