Keputihan Saat Hamil, WAJAR atau TIDAK??

keputihan  saat hamil

Perubahaan saat hamil memang terkadang  sulit bagi bunda membedakan mana yang normal mana yang tidak. Masalah keputihan terkadang membuat para Ibu Hamil takut bila itu sebagai tanda infeksi atau masalah lain pada kehamilannya. Tapi sebelum panic, alangkah baiknya mengetahui dahulu penyebab keputihan saat hamil.

Pada dasarnya keputihan adalah hal wajar bagi wanita, namun jika cairan yang keluar dari vagina berjumlah banyak saat hami bisa membuat Bunda khawatir.

Yuk hilangkan kecemasan Bunda dengan menyimak penjelasan dari kami!!

Apa sih penyebab keputihan pada Ibu Hamil?

Pada beberapa kasus keputihan yang dialami oleh Ibu Hamil memiliki frekuensi, jumlah, dan kekentalan yang berbeda-beda. Hal ini dikarenakan adanya berbagai alasan, dan mungkin bunda bingung kenapa keputihan yang berlangsung lama dan berjumlah banyak.

Faktor penyebab keputihan saat hamil yaitu adanya perubahan pada tubuh Bunda. Kok bisa? Bisa bunda, adanya perubahan hormon bisa memengaruhi terjadi keputihan. Meningkatnya estrogen dan aliran darah ke sekitar vagina bisa jadi alasan penyebab keputihan muncul.

Tidak hanya itu, saat Hamil leher rahim (serviks) dan dinding vagina bunda akan otomatis melembut sehingga sangat rentan terhadap infeksi. Oleh karena itu, tubuh meningkatkan nya dengan cairan yang bisa disebut keputihan untuk mencegahnya infeksi masuk ke vagina

Dan perkembangan posisi kepala bayi diakhir kehamilan bisa menjadi penyebab keputihan saat hamil. Karena kepala bayi dapat menekan serviks dan mengakibatkan pengeluaran cairan lebih banyak dibandingkan sebelum hamil.

Meski banyak Ibu Hamil yang mengalami seperti ini, bunda tetap perlu mengawasi keputihan yang muncul dan memastikan cairan tersebut tidak menandakan adanya masalah pada kesehatan bunda dan janin.

penyebab keputihan saat hamil dokterbabe

Apakah Keputihan Saat Hamil itu Normal?

Keputihan termasuk perubahan yang normal pada Ibu Hamil. Namun keputihan yang normal memiliki cirri-ciri seperti berikut: lendir berwarna putih susu, lendir  tidak menimbulkan bau, dan ketebalan lendir bisa mulai dari tipis hingga tebal.

Leukorrhea akan semakin naik begitu Bunda mendekati tahap melahirkan. Bunda mungkin akan mengalami keputihan yang sedikit berdarah. Dan lendir berdarah ini menunjukan bahwa lendir yang menyumbat dinding rahim telah melunak dan keluar. . Kondisi ini bisa diindikasikan bahwa Bunda akan segera melahirkan.

Tapi bunda keputihan saat hamil yang tidak normal yaitu saat lendir berwarna keputihan kehijauan, memiliki bau tak sedap, nyeri, dan gejala yang berbeda dari keputihan normal pada biasanya.

Adapun keputihan yang tidak normal bisa mengarah kepada hal berikut ini:

  • Luka di organ wanita
  • Kelahiran premature
  • Infeksi jamu dan bakteri
  • Infeksi penyakit menular

Memang keputihan yang normal dan tidak normal terkadang bunda sulit untuk membedakannya. Walaupun keputihan saat hamil merupakan hal yang wajar, tapi ada beberapa jenis keputihan saat hamil yang mengindikasikan tanda adanya penyakit. Maka dari itu, untuk menjaga dan mencegah terjadinya penyakit bunda kami anjurkan untuk memakin NCX, untuk lebih jelas nya bisa KLIK DISINI !!

Distributor Crystal X Pemalang © 2016 | Sitemap
Chat Via WhatsApp