Langkah Aman Membersihkan Luka Agar Tidak Infeksi

Langkah Aman Membersihkan Luka Agar Tidak Infeksi. Luka biasanya disebabkan oleh jatuh ataupun tergores. Biasanya jika lecet akibat terjatuh ataupun tergores pasti akan langsung diplester, seharusnya kita membersihkannya terlebih dahulu agar tidak infeksi. Infeksi pada luka adalah sesuatu yang berbahaya, ada beberapa jenis infeksi yang dapat menyebabkan kematian.

Langkah Aman Membersihkan Luka Agar Tidak Infeksi

Luka Yang Tidak Boleh Diatasi Sendiri

Ada beberapa luka yang harus memerlukan penanganan medis seperti:

  • Luka yang membutuhkan jahitan
  • Lukanya cukup dalam
  • Luka yang sangat menyakitkan
  • Luka yang kemasukan kotoran seperti kerikil, serpihan, dan lain sebagainya

Cara Membersihkan Luka

Sebelum Anda membersihkan luka, Anda harus memperhatikan beberapa hal terlebih dahulu yaitu:

1.Menuci Tangan

Sebelum menyentuh dan membersihkan luka, harus memastikan tangan dalam kondisi yang bersih dan steril. Cuci tangan harus menggunakan sabun yang mengandung antibakteri agat luka tidak terkontaminasi oleh kuman yang menempel pada tangan.

2.Menghentikan Pendarahan

Jika luka masih mengeluarkan darah maka harus menghentikannya terlebih dahulu yaitu dengan menggunakan kain kasa yang steril. Caranya yaitu tekan perlahan area kulit yang terluka hingga pendarahan berhenti.

3.Membersihkan Luka

Setelah pendrahan berhenti, maka langkah selanjutnya yaitu membersihkan luka. Membersihkan luka harus dengan cairan yang steril yang bersifat isotonis yang dilakukan secara perlahan. Jika luka masih terdapat kotoran maka membersihkannya dengan pinset yang steril.

4.Memilih Antiseptik Yang Sesuai

Antiseptik yang menganddung alkohol, hydrogen peroksida, ataupun iodine sangat tidak disarankan untuk membersihkan luka. Hal ini dikarenakan akan menyebabkan rasa nyeri, timbulnya iritasi, dan bisa menghambat proses penyembuhan. Pilihlah antiseptik yang mengandung PHMB. Antiseptik jenis ini sangat ampuh untuk antiseptic dan baik untuk penyembuhan jaringan kuit.

5.Balut Dengan Perban

Tidak semua luka harus diperban. Jika lukanya sedikit cuup membersihkannya, namun jika luka cukup dalam perlu menggunakan perban. Untuk membantu proses penyembuhan harus menggunakan perban yang sesuai. Hal ini dikarenakan agar tidak menghambat penyembuhan dan luka tidak menjadi infeksi.

6.Mengganti Perban Secara Rutin

Bagi yang menggunkan perban pada lukanya harus menggantinya dengan rutin.  Karena perban yang kotor dapat menyebabkan infeksi pada luka tersebut.

Itulah beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk membersihkan luka agar tidak infeksi. Jika luka tetap saja maka harus dikonsultasikan pada dokter agar tidak terkena komplikasi.