Perhatikan Langkah Penting Dalam Menanam Bunga Mawar

Sebelum membahas cara menanam bunga mawar, ketahui terlebih dahulu apa itu bunga mawar. Bunga mawar atau rose merupakan salah satu tanaman hias eksitis yang banyak diminati masyarakat.

Lebih dari 100 spesies tanaman mawar liar yang bisa dibudidayakan, ada yang berbunga kecil ataupun besar, warnanya juga beraneka ragam mulai dari merah, kuning, biru, hitam bahkan ada yang seperti pelangi.

Perhatikan Langkah Penting Dalam Menanam Bunga Mawar

Cara menanam mawar, jika dilihat dari bibit bunga mawar yang ditanam terbagi menjadi dua jenis yaitu dengan cara stek dan dengan bibit tanaman yang sudah cukup dewasa. Jika dilihat dari media tanamanya, cara menanam mawar juga ada dua macam yaitu cara menanam mawar dengan menggunakan media pot, dan cara menanam mawar dengan media lahan atau tanah.

Sama dengan jenis tanaman pada umumnya, cara menanam mawar juga penting untuk memperhatikan beberapa hal dasar sederhana, salah satunya adalah memilih lokasi penanaman, pilihlah lokasi yang mendapat akses sinar matahari langsung karena sinar matahari pagi sangat dibutuhkan.

Memperhatikan kelembapan tanaman juga penting dalam cara menanam mawar, siramilah secara teratur agar tanaman mawar tidak kekurangan kebutuhan air yang dapat mengakibatkan tanaman menjadi kering, namun kelebihan air juga membuat akar tanaman akan membusuk dan menganggu proses pertumbuhan tanaman bunga mawar.

Cara Menanam Bunga Mawar

1.Pemilihan Pot

Untuk cara menanam mawar dengan media pot, pilihlah pot bunga yang terbuat dari tembikar, tanah liat, maupun semen cor. Jika pot dengan bahan plastic sebaiknya pilih yang memiliki libang sebagai ssirkulasi.

2.Media Tanaman

Untuk media tanaman di pot, diisi dengan beberapa bahan yaitu campuran tanah, pasir, seta pupuk kandang yang dusah difermentasikan dengan perbandingan 1 : ΒΌ : 1

3.Tambahan bahan lain

Menanam mawar di pot sebaiknya sebelum memasukan campuran media tanaman, sebaiknya tambah juga pecahan bata di dasar pot. Hal ini bertujuan agar pada saat Anda menyiram tanaman bunga mawar kelebihan air fi dalam pot dapat lebih mudah keluar melalui lebang yang ada di dasar pot. Dengan demikian akar pot akan terhindar dari pembusukan.

4.Pemilihan Bibit

Bibit bunga mawar sebaiknya menggunakan bibit yang sudah siap tanam, tetapi bisa juga menggunakan bibit hasil stek sendiri. Setelahh itu naman bibit pada media yang sudah disediakan, urug dengan campuran media tanamn, kemudian tekan tanah bagian tepi secara kuat.

5.Perawatan Bibit

Selanjutnya siram tanaman, taruh pot di tempat yang mendapat sinar mmatahari pagi. Potong akar setiap 1-2 tahun sekali agar bunga mawar tetap terjaga pertumbuhan dan kesuburannya.

Tips Merawat Tanaman Bunga Mawar

Tips Merawat Tanaman Bunga Mawar

  • Penggunaan Natural Glio. Natural Glio digunakan sebagai campuran pada media tanaman untuk pencegahan hama dan penyakit karena jika sudah terserang hama, pertumbuhan tanaman akan terhambat.
  • Menggunakan SUPERNASA. Hal ini perlu digunakan sebagai pupuk dasar untuk mencukupi kebutuhan nutrisi tanaman.
  • Penggunaan POC NASA dan HORMONIK sebagai ZPT ( zat pengatur tumbuh) tanaman.
  • Gunakan Power Nutrition. Produk ini berguna untuk mengurangi kerontokan bunga dan membantu menaikkan kualitas bunga. Pupuk ini sekaligus berfungsi untuk mengurangi kebutuhan pupuk makro sebanyak 75-90%.
  • Lakukan pengamatan dan gunakan pestisida hayati sesuai kebutuhan dan rajin merawat tanaman.

Itulah langkah penting yang harus dilakukan untuk menanam bunga mawar. Bagi Anda yang ingin menggunakan produk diatas, Kami menyediakan untuk Anda. Untuk konsultasi dan pemesanan hubungi customer service Kami sekarang juga!!