Produksi ASI Sedikit? Inilah Tips Cara Mengatasinya

ASI adalah susu yang diproduksi oleh manusia untuk dikonsumsi oleh bayi. ASI mengandung semua nutrisi yang diperukan bayi sebelum mencerna makanan padat. Air susu ibu diproduksi karena pengaruh hormone prolactin dan oksitosin setelah melahirkan. Air susu yang pertama diproduksi disebut kolostrum yang mengandung immunoglobulin igAyang baik untuk pertahanan tubuh bayi melawan penyakit.

Namun,sekarang tidaak sedikit bayi yang tidak mendapatkan asi ekskusif. Sekarang banyak bayi yang mengonsumsi susu formula. Hal ini dapat dipengaruhi beberapa hal. Untuk itusekarang akan membahan kenapa tidak semua bayi mengonsumsi asi ekslusif.

Produksi ASI Sedikit? Inilah Tips Ca

Manfaat ASI Eksklusif

Sebelum mengetahui apa penyebab asi tidak lancar, kita ketahui terlebih dahulu manfaat asi eksklusif yaitu:

1.Sistem Kekebalan Bayi Lebih Kuat

ASI mengandung antibody sebagai pembentuk kekebalan tubuh yang bisa melawan bakteri dan virus. Sehingga bayi akan jarang terkena penyaki seperti diare, asma, alergi, dan lain sebagainya.

2.Berat Badan Ideal

Air susu dapat merangsang hormone insulin yang bisa membantu pemebentukan lemak. Selain itu asi memliki kadar leptin lebih tinggi yang berperan dalam menimbulkan rasa kenyang dalam metabolism lemak.

3.Tulang Bayi Lebih Kuat

Bayi uyang mengonsumsi ASI selama lebih dari 3 bulan, akan memiliki leher dan tulang bekalang lebih kuat. Hal ini dikarenakan ASI berperan penting dalam menunjang pertumbuhan tulang yang lebih kuat.

4.Mengurangi Resiko Kanker Menurun

Belum diketahui pasti bahwa ASI dapat menghindai bayi dari resiko kanker menurun. Namun banyak penilitian menyatakan bahwa semakin lama menuyusui, maka akan semakin terlindungi dari resiko ini. Hal ini mungkin karena menyusui bisa menekan produksi hormone estrogen.

5.Hemat Uang

Manfaat yang sangat ddirasakan bagi orang tua sendiri yaitu bisa menghemat uang, sehingga tidak perlu mengeluarkan uang tiap bulannya untuk membeli susu formula.

Hal Yang Mempengarusi Produksi ASI

  • Makanan
  • Ketenangan jiwa dan pikiran
  • Penggunaan alat kontrasepsi
  • Perawa payudara
  • Anatomi payudara
  • Faktor fisiologis
  • Pola istirahat
  • Faktor isapan anak
  • Umur kehamilan saat melahirkan

Penyebab ASI Tidak Lancar

1.Peletakan Mulut Bayi

Posisi mulut bayi pada yang tidak sempurna bisa menyebabkan bayi sulit untuk memperoleh ASI yang cukup. Hal ini bisa menyebabkan bayi memperoleh ASI yang sedikit dan otomatis akan menurunkan stimulasi dan rangsangan tubuh dalam memproduksi ASI.

2.Frekuensi dan Waktu Menyusui

Membatasi bayi untuk mengonsumsi ASI juga bisa menjadi penyebab produksi ASI sedikit. Untuk itu jangan batasi waktu pemberian ASI pada bayi.

3.Menambah Susu Formula

Memberikan susu formula sebagai selingan saat pemberian ASI ekslusif juga menjadi penyebab produksi ASI tidak lancar. Hal ini dikarenakan dapat menurunkan stimulasi menyusui dan bayi akan sulit beradaptasi antara putting dan dot.

Cara Mengatasi ASI Tidak Lancar

Namun bagi ibu yang memiliki masalah ASI tidak lancar sekarang tidak perlu khawatir karena Kami akan memberikan tips dan solusi untuk Anda, solusinya yaitu:

1.Perbaiki Posisi Menyusui

Sebelunya telah dielaskan bahwa posisi menyusui bisa mempengaruhi jumlah produksi ASI. Untuk itu perbaiki bosisi menyusui agar ibu dan anak terasa yaman dan produksi ASI bisa lancar.

2.Bersihkan dan Pijat Payudara

Sebelum memberikan ASI pada bayi Anda bisa melakukan pemuijatan pada payudara secara perlahan. Selain itu memberikan ASI juga harus memastikan kebersihan payudara, Anda bisa mengompresnya dengan air hangat atau mencucinya dengan air bersih. Tetapi tidak menyeabuni area putting dan areola agar terhindar dari kering dan kaku.

3.Mengonsumsi Makanan Yang Bergizi Bagi Ibu

Selain memperhatikan gizi bayi, si Ibu juga harus memperhatikan asupan yang dikonsumsi. Karena hal ini berpengaruh pada produksi ASI yang dihasilkan. Pilih makanan yang mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral. Jika mau bisa menambah daun pepaya atau daun katuk.

4.Hindari Stess

Bagi bunda yang sedang menyusui lebih baik jangan sampai stress. Karena hal ini akan berpengaruh pada produksi ASI. Untuk itu hindari hal-hal yang sering membuat stress.

5.Mengonsumsi AMNE NASA

Cara Mengatasi ASI Tidak Lancar

AMNE adalah salah satu suplemen kesehatan yang diproduksi oleh PT NATURAL NUSANTARA (NASA) yang mengandung asam amino yang sangat baik untuk ibu menyusui. Asam amino ini sangat dibutuhkan untuk ibu menyusui untuk memenuhi kebutuhan nutrisi. Produk ini terbuat dari bahan alami sehingga aman untuk dikonsumsi dan telah memiliki izin edar dari BPOM sehingga tidak menimbulkan efek samping.

Itulah hal yang bisa dilakukan untuk memperlancar ASI. Untuk produk NASA pastikan Anda membeli yang ASLI!! Kami adalah salah satu distributor resmi NASA yang menjual semua jenis produk NASA 100% ASLI!! Untuk pemesanan hubungi customer service Kami sekrang juga!!