Tips Budidaya Ikan Lele Yang Menguntungkan

Budidaya ikan lele adalah salah satu peluang bisnis menguntungkan yang bisa dimanfaatkan. Hal ini dikarenakan ikan lele adalah salah satu ikan air tawar yang paling diminati. Menjalankan bisnus ikan lele juga tidak sulit, karena ikan lele termasuk jenis yang mudah didapatkan dan cara perawatannyapun lebih mudah dibandingkan jenis ikan lainnya.

Tips Budidaya Ikan Lele Yang Menguntungkan

Bagi Anda yang berminat ingin memulai bisnis budidaya ikan lele. Ikutilah beberapa tips dibawah ini agar bisnis Anda berjalan dengan baik dan lebih mudah berkembang.

Tips Budidaya Ikan Lele

1.Persiapan Kolam

Hal pertama yang harus diperhatikan dalam budidaya ikan lele adalah menyediakan kolam. Biasanya bisa dalam bentuk tanah, terpal, maupun semen. Jika bibit ikan lele banyak pastikan kolam berukuran besar agar mengurangi resiko ikan lele mati karena kekurangan oksigen. Setelah pembuatan kolam perlu beberahari untuk menaruh bibit ke kolam karena perlu menunggu proses pembentukan lumut dan fitoplankton untuk menetralkan air kolamagar tidak mudah keruh.

2.Pemilihan Bibit Ikan Lele

Dalam pemilihan bibit harus memilih bibit lele unggul yang lebih terserang penyakit, sehat, dan lebih besar. Cici bibit lele yang unggul yaitu lebih gesit dan agresif saat pemberian makan, ukuran ikan lele terlihat sama, warna sedikit lebih terang.

3.Pisahkan Ikan Lele Besar dan Kecil

Ikan lele merupakan jenis ikan kanibal atau suka memakan sesame jenis. Jadi untuk menghindari resiko kematian pada ikan lele, sebaiknya memisahkan ikan lele yang berukuran besar dengan ikan lele yang berukuran kecil. Dengan begitu, tidak perlu khawatir lagi ikan lele memakan satu sama lain.

4.Proses Penebaran Bibit Ikan Lele

Kesalahan yang sering dilakukan dalam menebar ikan ke kolam yaitu secara bebarengan, padahal hal ini membuat ikan lele menjadi stress dan bisa menyebabkan kematian.  Untuk itu coba menggunakan ember dan masukan sebagian ember yang berisi bibit lele ke dalam kolam, kemudian diamkan kurang lebih 30 menit agar lele keluar dalam sendirinya ke dalam kolam.

5.Sortir Ikan Lele

Ikan lele yang berusia 20 hari perlu dilakukan penyortiran menggunakan bak untuk memisahkan lel berukuran besar dan kecil. Hal ini dilakukan untuk menghindari ikan lele kecil dari kekurangan makanan karena kalah cepat dengan lele besar, seta mengurangi resiko lele besar memangsa lele kecil.

6.Kualitas Air Kolam

Warna air kolam yang baik bagi ikan lele yaitu hijau. Karena lele dapat bertahan hidup di air berlumpur, warna hijau berarti banyak lumut disekitar kolam. Kolam akan berubah menjadi merah ketika sudah dewasa dan siap panen. Namun air kolam harus diperhatikan apakah mengandung bakteri atau atau tidak yang bisa menyebabkan penyakit pada ikan lele.

Usahakan air kolam tidak terlalu dangkal karena akan membuat lele menjadi panas sehingga menyebabkan kematian. Tingkat kolam pada bulan pertama 20cm, bulan kedua 40cm, dan bulan ketiga 80cm.

7.Perhatikan Pakan Lele

Lele diberi makan 3 kali dalam sehari yaitu jam 7 pagi, 5 sore, dan 10 malam. Pemberian makan lele bisa menggunakan pakan yang mengandung nutrisi yang dibutuhkan lele seperti protein, lemak, karbohidrat, vitamin, dan mineral.

8.Proses Panen

Ikan lele biasanya sudah dapat dipanen setelah 3 bulan smenjak bibit lele disebar. Pemanenan lele dapat dilakukan dengan menyortir ikan yang layak dikonsumsi atau telah memiliki ukuran 4-7 ekor per kg.

9.Pasca Produksi

Sebelum menebar bibit baru, ada baiknya untuk membersihkan kolam untuk mengurangi kotoran atau sisa makanan ikan lele sebelumnya. Dengan membersihkan kolam, juga bisa mengetahui masih ada ikan yang masih tertinggal atau tidak karena jika masih ada maka bibit baru kan habis dimakan ikan lele besar.

Paket Budidaya Ikan Lele

Paket Budidaya Ikan Lele

Paket ini sangat cocok bagi Anda yang menginginkan hasil panen khususnya dalam budidaya ikan lele adanya peningkatan. Penggunaan paket perikanan ini mampu mempercepat proses pertumbuhan sehingga proses panen lebih cepat dan mampu meningkatkan kualitas daging ikan baik dari kandungan protein dan rasa yang lebih gurih. Paket ini berupa:

1.Tambak Organik Nusantara

Tambak Organik Nusantara atau TON ini bermanfaat untuk mengembalikan kesuburan lhan serta mempercepat pertumbuhan pakan alami/plankton dan menetralkan senyawa beracun, lahan perlu diberi perlakuan pupuk TON dengan dosis 5 botol/ha untuk tambak yang masih baru dan baik, dan 10 botol/ha untuk areal tambak yang sudah rusak.

Caranya yaitu masukkan TON ke salam air, kemudian aduk hingga larut, siramkan secara merata ke seluruh arealahan tambak.

2.Viterna+Hormonik+POC NASA

Viterna, Hormonik, dan Poc Nasa mengandung zat penting seperti protein, lemak, dan vitamin dengan dosis 5cc/kg pakan untuk umur dibawah 60 hari dan setelah itu 10cc/kg pakan hingga panan.

Manfaat Viterna+Hormonik+Poc Nasa ini yaitu meningkatkan nafsu makan ternak sehingga cepat panen dan mengirit pakan, mencegah stress, ternak sehat, tahan penyakit, kotoran tidak berbau, angka kematian sangat rendah, menghasilkan daging berkualitas tinggi karena rendah kolesterol.

Itulah beberapa tips yang wajib Anda coba jika ingin membudidayakan ikan lele. Untuk paket budidaya ikan lele ini diproduksi oleh PT NATURAL NUSANTARA yang pastinya aman untuk hewan ternak. Bagi Anda yang ingin membelinya Kami menyediakan untuk Anda. Untuk konsultasi dan pemesanan bisa hubungi customer service Kami sekarang juga!!