Waspadai !! Inilah Jenis Penyakit Autoimun Yang Sering Menyerang Wanita

Inilah Jenis Penyakit Autoimun Yang Sering Menyerang Wanita. Ternyata penyakit autoimun sering menyerang wanita dari pada pria. Sebagian besar menyerang di usia 20- 40 tahun. Penyakit autoimun adalah salah satu penyakit yang disebabkan oleh system kekebalan tubuh (imun) yang menyerang organ sehat dalam tubuh. Penyakit autoimun bisa menyebabkan pertumbuhan organ menjadi abnormal sehingga mengakibatkan perubahan fungsi organ dalam jangka panjang.

Waspadai !! Inilah Jenis Penyakit Autoimun Yang Sering Menyerang Wanita

Jenis Penyakit Autoimun Yang Menyerang Wanita

Inilah beberapa jenis autoimun yang menyerang wanita, seperti:

1.Tiroiditis Hashimoto

Tiroiditis Hashimoto adalah salah satu jenis autoimun yang terjadi ketika system kekebalan tubbuh menyerang kelenjar tiroid yang terletak pada pangkal leher. Kelenjar tiroid adalah bagian dari system endokrin yang sangat berperan untuk menghasilkan hormon yang bermanfaat untuk mengoordinasi fungsi tubuh. Biasanya jenis autoimun ini menyerang pada usia lanjut.

2.Lupus

Lupus atau lupus eritematosus sistemik adalah jenis autoimun yang kronik atau menahun. Lupus terjadi ketika antibody yang dihasilkan tubuh akan menempel pada jaringan diseluruh tubuh. Ada beberapa jenis jaringan yang sering terjadi lupus yaitu sendi, paru- paru, ginjal, sel darah, saraf, dan kulit. Gejala yang sering timbul berupa demam, kehilangan berat badan, nyeri dan bengkak dibagian sendi dan otot, ruam pada wajah, dan rambut rontok.

3.Multiple Sclerosis (MS)

Multiple Sclerosis adalah salah satu jenis autoimun yang menyerang system saraf pusat. Hal ini dapat menimbulkan kerusakan yang berpengaruh pada otak dan sum- sum tulang belakang. Gejala yang dapat diketahui berupa kebutaan, otot menegang, lemah, mati rasa pada kaki dan tangan, kesemutan, kelumpuhan, dan kehilangan keseimbangan tubuh serta sulit berbicara. Kondisi ini dapat menyebabkan otak akan kesulitan mengirim sinyal keseluruh tubuh.

4.Graves

Graves adalah salah satu jenis autoimun yang bertolak belakang dengan tiroiditis hashimoto. Jenis autoimun ini ditandai dengan kelenjar tiroid yang terlalu banyak dalam tubuh. Seseorang yang terkena autoimun jenis ini, system imunya akan menyerang kelenjar tiroid bukan malah melindungi tubuh. System imun akan menempel pada sel tiroid yang sehat sehingga merangsang kelenjar untuk memproduksi banyak hormone tiroid.

Penyebab Autoimun Menyerang Wanita

Memang terdengar tidak adil karena penyakit autoimun ini hanya menyerang wanita, namun sebelum mengeluh perhatikan terlebih dahulu mengapa system imun hanya menyerang wanita:

1.Hormon Seksual

Wanita dan pria memiliki hormone yang berbeda, ada beberapa jenis hormone yang menyebabkan wanita yang sering mengalami penyakit autoimun. Salah ssatunya yaitu hormone estrogen. Hormon ini banyak terdapat pada wanita. Pada usia produktif kadar hormone estrogen yang cenderung tinggi adalah salah satu penyebab wanita bisa mengalami penyakit ini.

2.Perbedaan Ketahanan Sistem Imun

Penelitian menyetakan bahwa wanita lebih beresiko tinggi mengalami autoimun karena system kekebalan tubuh wanita cenderung lebih canggih dari pada pria. Wanita memiliki respon yang lebih kuat dari pada pria saat kekebalan mereka dipicu. Meskipun menghasilkan system kekebalan yang lebih canggih, hal juga dapat meningkatkan resiko wanita mengembangkan kelainan autoimun jka terjadi kesalahan.